29 April 2015

Selamatkan Generasi Bangsa Dari Narkoba Dan Tolak Hukuman Mati

Mengurangi Pemakaian Narkoba Tanpa Membunuh Lebih Banyak Manusia


Membangun kesadaran massal dari unit masyarakat terkecil bukan perkara mudah. Kita terbiasa dengan metode pemadam kebakaran, alias "rusak buang" yang lebih mudah seperti penerapan hukuman mati untuk efek jera. Nyatanya tak ada penelitian ilmiah yang bisa membuktikan hukuman mati menimbulkan efek jera untuk segala jenis kejahatan.
Bukan rahasia hukum di Indonesia hanya mampu menjangkau mereka yang berada dalam rantai kejahatan terendah alias kaki tangan. Sementara masalah utama dari gambaran besar keseluruhan masalah seperti aparat hukum yang korup, tak pernah terselesaikan dan berniat dibongkar tuntas. Pembangunan mental secara keseluruhan luput dari perhatian karena memang butuh waktu dan ketekunan.

Berikut cara ampuh menekan angka pemakaian narkoba. Pemakaian yang berkurang akan menyulitkan peredaran. Ini langkah panjang dan tidak mudah yang dilupakan pemerintah kita dan sebagian besar masyarakat.

-Tingkatkan komunikasi yang setara dan kualitas hubungan dalam keluarga. Keluarga yang saling terikat erat satu dengan yang lainnya secara emosional, psikis dan fisik, akan mencegah terikat secara emosional pada hal-hal negatif di luar keluarga termasuk pergaulan dengan kelompok-kelompok pro-kekerasan, NARKOBA, perselingkuhan dan sebagainya.
- Tegakkan hukum tanpa pandang bulu, bukan hanya pada mereka yang tak berdaya dan tanpa kekuatan uang. Memberangus sistem peredaran narkoba dimulai dengan memperkuat komitmen aparat hukum untuk tidak bisa "dibeli". Langkah ini akan memutus rantai mulai dari jalanan hingga peredaran dalam lapas.

Semoga kita semua tetap menjadi bangsa yang beradab dengan generasi yang sehat jiwa dan raga.

#TolakHukumanMati

No comments:

Post a Comment